Cara Install Linux Deepin 15.3



Linux Deepin 15.3 adalah turunan dari Debian (unstable), deepin baru ini membawa banyak sekali perubahan, mulai dari Menu, Dock, Setting dll. (ah sok tau sekali saya ini kenal linux aja baru maren).

Saya menggunakan Deepin baru 2 Minggu ini, karena bosan dengan tampilan ubuntu dengan unity. Linux Mint pun demikian saya merasa cepat bosan dengan DE mate atau Cinnamonnya, tapi lain halnya dengan Deepin,,begitu saya install luar bisa perubahan yang mereka bawa.

Satu lagi tunggu kelahiran Zorin OS 12, beuuhh begitu menggoda ketika saya lihat versi Beta, beda jauh dengan versi sebelumnya.

Kembali ke topik deepin, setelah install deepin, semua sudah bisa digunakan seperti pemutar musik, atau movie player jadi tidak usah install Ubuntu-Restricted-Extras.
Sama halnya dengan Zorin OS,,aduh saya begitu jatuh hati terhadap 2 Distro tersebut, sangat mengerti kebutuhan pengguna.

Kelamaan curhatnya,,ok sekarang cara install Linux Deepin.
Bentar-bentar,,Satuhal yang perlu diingat,,Membuat usb boot Linux Deepin tidak seperti linux pada umumnya, dia (yang tidak boleh disebutkan namanya "valdemor") mempunyai tools khusus yaitu Deepin Boot Maker.

Ini kapan mau installnya boorrrr kelamaann,,,, T_T ZzZzZz (iyak,,, sabar napah,,,)

1. Download ISO Deepin 15.3 https://www.deepin.org/download.html 



2.  Download Deepin Boot Maker sesuai OS yang akan digunakan untuk             membuat Boot Deepin (dialamat yang sama tinggal discrol aje kebawah)

3.  Kalo udah dibikin boot deepinnya, colokin ke komputer ato leptop trus restart teken f12 buat komputer untuk mengarahkan ke boot manager, pilih usbhdd atau nama usbnya, klo laptop cari sendiri aja boot manager f berapa soalnya beda-beda.

4.  Tampilan boot awalnya seperti ini, mantapkan??? (padahal biasa aja)


5.  Nah ini yang saya maksud mantap tuh,,amajiiinnggggg 


Ok langsung pilih bahasa inggris,,jgn bahasa indo nanti bingung,,apalagi bahasa cina,,bisa struk muda ente,,

6.  Step ke 1, Isi Nama, Nama Komputer, Password lalu Next



7.  Step ke 2, Muncul semua partisi yang ada di pc, jangan langsung dihajar install bisa ilang semua data, Pilih Expert Mode (anggap aja kita udah jago)


Masih di step 2, digambar tersebut saya menyiapkan 40GB untuk System Linux, entah kenapa cuma kebaca 37,7GB (dikorupsi kayaknya).

**Delete partisi yang akan digunakan untuk membuat partisi system linux dan swap



8.  Pilih partisi yang kosong (*yang sudah didelete) > Klik Create Partition > buat berapa partisi yang kawan inginkan,,misal ada 40Gb bikin aja 39,4Gb sisa yang 600MB buat partisi swap 

#Perhatikan_baik2_detail_Partisi_pada_gambar

*Type = Primary
*Size = sesuaikan
*Align = Begin
*File System = Ext4
*Mount = /





9. Create partition lagi pada sisa partisi yg 600mb tadi,,Ikuti seperti yang digambar,ukuran Swap saya bikin 600MB (tidak usah banyak2 swap hanya membantu ketika ram sesak, jadi kalo Ramnya 2GB atau lebih cukup segitu aja).

*Type = Primary
*Size = sisa partisi 600mb
*Align = Begin
*File System = Swap


11.  Step 3,,(akhirnya pindah step juga)"penulisnya lebaayyy"OK selanjutnya Klik Install dan akan muncul PopUp Procced With Instalation klik OK > Tunggu hingga proses Install Selesai.





12.  Tamat

..........................  ˆ_ˆ


Sip cuma segitu aja ko cara install Linux Deepin 15.3, 
kalo ada yang ditanyakan mengenai linux silahkan menghubungi saya via Facebook, jangan via tweetter gak bisa saya pake tuh sosmed, inget ya facebook only,,
maklum aku mah apa atuh cuma kain lap yg ada tulisannya welcome.



Artikel yang akan datang Insyaallah Review Linux Deepin 15.3 setelah beberapa minggu menggunakan.


Gunakan Linux untuk kebutuhan yang lebih baik

https://www.deepin.org/

https://sourceforge.net/
Previous
Next Post »
Thanks for your comment