Pengalaman Menggunakan Oli Motul 3100 10w40


Postingan pertama untuk kategori otomotif pada blog ini.

Motul adalah merk oli kelas dunia yang  menjadi Title Sponsor MotoGP monggo cek link berikut http://www.motogp.com/en/sponsors

Hampir semua rider pasti kenal dengan oli Motul, oli yang menurut saya untuk kalangan menengah keatas, oli premium (buat saya) karena harganya hampir 2x dari harga oli biasa sebut saja castrol, federal, enduro dll.

Saya menggunakan oli Motul 3100 10w40 pada motor Pulsar 200NS dengan harga 85ribu/liter untuk yang 0.8L, karena NS menggunakan 1.2L jadi saya beli 2botol dan sisanya bisa digunakan pada saat akan mengganti oli lagi.

**Sebagai informasi rekomendasi dari pabrikan oli mesin untuk Pulsar 200NS adalah 20w50 olinya kentel

Tes pertama saya coba berangkat kerja dari menteng ke kelapa gading yang sedikit macet, untuk suara mesin sangat halus,,,halus sekali apalagi ketika gas sedikit ditarik dan sedikit ngebut suara mesin sangat halus, tapi sayangnya ketikan perpindahan gigi masih ada suara kletak-kletuk jadi tidak sehalus mesin.

Pulangnya seperti biasa jakarta macet tidak karuan, dan tanpa disangka mungkin disini kekurangan Motul 3100 untuk mesin NS yang terkenal panas, yaitu panas pada mesin ketika bermacet ria begitu terasa, saya merasa ini tidak wajar karena panasnya sampai ke deltabox, bagian sebelah kiri entah kenapa terasa lebih panas.
Dalam hati berargumen sendiri mungkin karena pemakaian awal mesin masih mengkondisikan dengan oli mahal haha,,

Ternyata besoknya saya coba kembali dan pada keadaaan macet mesinnya memang panas banget, sudahlah mungkin karena busi NS ada 3 jadi panasnya mantep.

Selanjutnya saya tes agak jauh dari daerah Kedoya Jakarta Barat ke Cileungsi Bogor sambil anterin sicinta kerumah mertua indah, diperjalanan saya coba tarik gas agak dalam dan tarikan motor berasa ringan sekali tidak terasa berat dan hal yg paling bikin cukup kaget tiba-tiba dari belakang sicinta bilang,,"Ini motor berasa alus mesinnya, habis km service ya",, jdddeeerrr gilee yang biasanya diem acuh sama motor tiba-tiba bilang begini berarti ini oli membawa pengaruh besar bagi boncengers.

1000km sudah saya ajak keliling jakarta, dan akhirnya saya bawa mudik ke sukabumi - jawabarat,
Saya berangkat habis subuh agar tidak kena macet jadi selama perjalanan jalan kosong NS saya ajak lari sekitar 90-100km/jam dan memang hasil luar biasa untuk oli mahal ini, mesin halusnya luar biasa.

Sudah mendekati bulan kedua tapi oli masih berasa sangat nikmat sempat ragu ini oli kuat gak ya,,tp saya tekadkan diri, masa oli mahal gak kuat lama hahaha,,

Dan mendekati bulan ketiga saya khawatir ini ko oli masih enak aja mesin halus, tarikan enteng tapi saya tekadkan diri untuk mengganti dengan oli karena takut motor kesayangan kenapa-kenapa dan saya ganti dengan si spesialis dingin yaitu Federal Racing, oli murah meriah buat kita yang kere hore.

Dan inilah hasil dari oli Motul 3100 yang 3bulanan saya gunakan dengan KM lumayan tinggi 3270KM dan itu masih sangat enak digunakan, sepertinya 5000KM masih kuat kalo saya paksakan karena ketika ganti oli pun tidak hitam tapi masih agak kuning.

Sebelum ganti Oli Motul 3100
Setelah ganti Oli Motul 3100
 Foto diatas adalah odometer sebelum dan sesudai saya ganti Oli Motul 3100 10w40.

Sekian review singkat dari saya rider pemula.
Semua yang saya katakan adalah opini saya sendiri, saya tidak dibayar ataupun mendapatkan sponsor dari produk apapun termasuk Oli atau Motornya.

Bila ada kesalahan mohon dikoreksi, untuk pengguna oli motul silahkan tinggalkan jejak.

Salam 3 Busi




Previous
Next Post »
Thanks for your comment